Pelatihan IELTS bagi Dosen

Kebutuhan akan peningkatan kompetensi dosen adalah sebuah keniscayaan, terutama bagi dosen muda. Mereka harus meningkatkan kompetensinya sebagai tuntutan perkembangan zaman. Salah satu cara peningkatan kompetensi adalah dengan melanjutkan pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Namun disadari bahwa kendala terbesar tenaga dosen untuk bisa melanjutkan pendidikan adalah kendala bahasa, yakni rendahnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, para tenaga dosen. Perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri saat ini rata-rata mempersyaratkan kemampuan bahasa Inggris  yang tinggi terhadap calon mahasiswa yang hendak belajar ke Perguruan Tinggi mereka. Lembaga pemberi beasiswa juga memperkuat persyaratan ini, termasuk lembaga pemberi beasiswa Departemen Keuangan RI, dalam hal ini LPDP. Olehnya itu dirasa perlu memberikan pelatihan-pelatihan bahasa Inggris kepada tenaga pendidik tersebut agar kemampuan mereka meningkat. UPT Pusat Bahasa UNM sebagai salah satu unit kerja dalam lingkup UNM yang berfungsi sebagai wadah pelayanan kebahasaan merasa perlu mewujudkan kegiatan ini sehingga dapat membantu tercapainya visi dan misi Universitas Negeri Makassar.
Kesempatan dan peluang beasiswa bagi Tenaga Pendidik sangat terbuka lebar. Hal ini disebabkan karena pentingnya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Universitas Negeri Makassar pada khususnya. Berbagai jenis program dan pelatihan untuk alasan tersebut, pemerintah dan Negara lakukan. Selain itu beasiswa dan program-program yang dilaksanakan juga bertujuan untuk meningatkan motivasi para tenaga pendidik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Beasiswa yang disiapkan bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Program yang ditawarkan pun bermacam-macam misalnya; studi lanjut, pelatihan singkat, penelitian dan lain lain.
Program-program beasiswa tersebut mengharuskan setiap Tenaga Pendidik memiliki kemampuan untuk berbahasa Inggris dan mampu mencapai skor IELTS yang ditentukan oleh masing-masing penyelenggara program. Namun, kenyataannya adalah sebagian besar Tenaga Pendidik terkendala pada skor IELTS tersebut. Untuk alasan tersebut Pusat Bahasa UNM dalam waktu dekat akan melaksanakan Program Pelatihan Persiapan Tes IELTS bagi Tenaga Pendidik di lingkungan UNM (IELTS Preparation Course) dalam jumlah pertemuan dan jam tertentu sesuai dengan tingkat kemampuan dosen pada saat ini.