Sukses Gelar ICOLE 5, Pusat Bahasa UNM Siap Selenggarakan Workshop Publikasi Internasional

The 5th International Conference on Language and Education atau ICOLE 5 yang dibuka oleh PR IV UNM dengan tema “Reflecting the Contemporary  Advances of Languages and Educational Theories and Practices in the Digital Age” terbilang sukses. Hal ini terlihat dari kehadiran lebih 400 peserta yang memadati Lecture Theater Gedung Menara Pinisi UNM tanggal 11 November lalu. Peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti, praktisi, guru maupun mahasiswa ini berasal dari berbagai perguruan tinggi, lembaga kursus, maupun sekolah se Indonesia dan bahkan dari berbagai negara, antara lain USA dan Netherlands.

Konferensi dwi tahunan Pusat Bahasa UNM ini menghadirkan tiga pembicara utama diantaranya Professor Andy Kirkpatrick dari Griffith University Australia, Dr. Suzanne Choo dari National Institute of Education Singapore, dan Associate Professor Hadina Habil dari Universiti Teknologi Malaysia. Kegiatan ini dirangkaikan dengan workshop tentang publikasi pada jurnal ilmiah internasional di mana Dr Zusanne Choo sebagai pemateri.

Kepala Pusat Bahasa UNM, Iskandar, S.Pd., M.Ed., Ph.D selaku ketua penyelenggara konferensi dalam laporannya mengatakan paper yang dipresentasikan pada konferensi kelima ini lebih sedikit dari penyelenggaan konferensi ICOLE sebelumnya. “Paper yang masuk banyak, ada seratusan. Tapi seleksinya ketat sehingga banyak yang kita reject. Ini kita lakukan mengingat paper yang dipresentasikan itu kita upayakan untuk bisa diterbitkan pada jurnal internasional terindex Scopus, semisal Asia Pacific Journal of Education. Dr. Choo sebagai salah seorang editor jurnal tersebut bersedia meluangkan waktu untuk review paper-paper terbaik” papar Iskandar. “Kita berpikir untuk menghadirkan Dr Choo kembali  untuk workshop publikasi mengingat antusiasme peserta sangat tinggi,”  sela Andi Anto Patak, wakil ketua panitia konferensi.

Salah satu hal yang menarik dari penyelenggaraan konferensi ICOLE 5 adalah turut hadirnya para pembicara utama pada sesi parallel presentation.  Professor Andy Kirkpatrick, misalnya, mengikuti kurang lebih sepuluhan presentasi dan turut memberikan komentar dan masukan-masukan yang sangat berharga demi perbaikan paper yang bersangkutan. Ini yang membuat peserta konferensi tetap semangat mengikuti acara hingga penutupan. Pada sambutan penutupannya, Kepala Pusat Bahasa UNM tak lupa menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan semua pihak, terutama dukungan Rektor UNM sehingga konferensi ini terselenggara dengan baik.

One Reply to “Sukses Gelar ICOLE 5, Pusat Bahasa UNM Siap Selenggarakan Workshop Publikasi Internasional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *